Test Footer

LightBlog

Breaking

Senin, 13 Desember 2010

Teknik : Meng-Upgrade Firmware Mikrotik RouterBoard

Pada waktu saya beli Mikrotik Routerboard RB-450 sudah berisi RouterOS Mikrotik versi 3.2 dengan Firmware 2.0. Nah waktu itu sudah keluar Mikrotik versi 4.2, maka saya bermaksud meng-upgrade Mikrotik versi 3.2 menjadi versi 4.2. Dari petunjuk di websites www.mikrotik.com ternyata kita harus Upgrade dulu firmware-nya menjadi versi 2.2. Saya lakukan upgrade firmware-nya dengan mudah dan lancar, tapi sayangnya saya tidak sempat ambil screen capture-nya.

So… di pada tanggal 19 Januari 2010, saya melakukan Upgrade Mikrotik Routerboard saya tersebut dari versi 4.2 menjadi versi 4.5 dan telah disediakan Upgrade firmware-nya versi 2.3. Saya sempatkan untuk meng-capture proses tahap demi tahap tersebut untuk agar bisa saya sharing untuk rekan-rekan semua. Berikut ini step by step-nya :
Pertama : Kita Login ke Mikrotik via Winbox ataupun Telnet.
Kedua : Kita lihat dulu package apa dan versi berapa pada Mikrotik kita ini, dengan perintah “system package print“.

Terlihat firmware yang sudah tersedia adalah versi 2.23, dan kita akan lakukan upgrade firmware agar dapat melakukan upgrade Router OS dari versi 3 menjaid versi 4.
Ketiga : Selanjutnya untuk memulai proses upgrade firmware kita berikan perintah system routerboard upgrade seperti gambar dibawah ini :

Keempat : Selanjutnya kita jawab y saat muncul konfirmasi proses upgrade firmware ini. Setelah proses selesai maka Mikrotik kita infokan untuk melakukan Restart / Reboot.

Kelima : Selanjutnya kita lakukan Restart / Reboot dengan perintah system reboot lalu jawab y untuk memulai proses reboot.
Keenam  : Setelah proses Reboot selesai dan Mikrotik sudah ready maka kita Login lagi lalu berikan perintah system routerboard print untuk melihat hasil proses upgrade yang telah kita lakukan tadi. Dan….

Taaaarrrraa…. Sukses dech upgrade firmwarenya dan kita dapat lakukan upgrade versi RouterOS ke versi 4 atau yang lebih tinggi…

 

Tidak ada komentar: